Kelebihan dan Kekurangan Windows Defender

Kelebihan dan Kekurangan Windows Defender

Kelebihan dan Kekurangan Windows Defender – Virus memang menjadi salah satu persoalan umum yang kerap terjadi dan menyerang komputer. Tidak hanya mengganggu pengguna saja, virus juga dapat membuat kinerja komputer melambat, menghilangkan data-data penting, hingga paling parah yakni adalah dapat membuat file anda terkunci dan membutuhkan uang untuk membukanya. Untuk mencegah hal tersebut, pengguna pastinya membutuhkan program antivirus.

Dan, Windows Defender merupakan aplikasi antivirus buatan Microsoft yang sudah secara otomatis terpasang di komputer atau laptop berbasis windows. Meskipun aplikasi ini terbilang cukup ampuh menangani berbagai virus, tapi nyatanya aplikasi ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Sehingga tidak salah jika pengguna selayaknya membutuhkan aplikasi antivirus lain. Oleh sebab itu, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Windows Defender.

Kelebihan antivirus Windows Defender

Buat anda yang merasa hanya perlu Windows Defender, mungkin jadi penasaran sebenarnya keunggulan dan kelemahan antivirus Slot Gacor Hari Ini bawaan (built-in) sistem operasi Windows 10 itu apa saja. Berikut ini adalah keuntungannya.

Selalu aktif dan memberi peringatan

Keunggulan yang pertama adalah Windows Defender selalu aktif. Saat mencolokkan flas disk atau browsing ke sutus yang dicurigai berbahaya, akan otomatis memberikan peringatan bahwa ditemukan adanya virus dan malware yang dapat merusak sistem komputer Anda.

Membersihkan secara maksimal

Selain memberikan peringatan, Windows Defender juga membersihkan virus secara menyeluruh dan maksimal. Bila dibandingkan dengan antivirus pihak ketiga kebanyakan, yang biasanya langsung menghapus bersamaan filenya, Windows Defender hanya mengeksekusi pada virusnya saja. Sehingga file tetap aman alias tidak akan hilang.

Windows Defender akan meminta restart jika menemukan virus ganas

Jika Windows Defender menemukan virus dan malware bahaya pada komputer, pertama sudah pasti akan dibasmi. Akan tetapi bila jenis virusnya sangat ganas, kemungkinan akan tetap muncul lagi dan lagi. Dalam keadaan begini Windows Defender akan meminta Anda untuk restart komputer. Sesaat setelah menyala kembali, maka virus sudah tidak ada alias sudah bersih. Oh ya, cara restart seperti ini sangat direkomendasikan saat sedang membersihkan virus.

Kekurangan Antivirus Windows Defender

Tidak terlalu teliti

Scan menggunakan Windows Defender ada dua pilihan: quick dan full. Quick scan adalah scanning cepat tetapi akan memaksa komputer bekerja lebih berat. Sedangkan full scan merupakan scanning penuh dan membutuhkan waktu lama. Di sinilah kelemahan Windows Defender. Kadang-kadang kedua cara scan di atas tidak terlalu teliti sehingga virus kecil dapat terlewatkan.